Pentingnya Memilih Jasa Pembuatan Kusen Aluminium

Mengingat pemasangan kusen aluminium harus jeli dan teliti, maka sangat penting untuk memilih jasa pembuatan dan pemasangan kusen aluminium yang memberikan pelayanan terbaik. Hal ini dikarenakan tidak sembarangan orang bisa melakukan pemasangan kusen baik pintu maupun jendela khususnya yang berbahan logam aluminium.

Jasa pemasangan kusen aluminium dari kreasialumindo bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda karena perusahaan ini memberikan jaminan pemasangan dengan garansi hingga 1 tahun. Konsultasi untuk pemilihan material terbaik dan prosedur pemasangan sangat diperlukan untuk estimasi budget yang harus dikeluarkan. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dan cuma-Cuma di kreasialumindo.

Anda bisa mendapatkan produk kusen aluminium terbaik dengan kisaran harga Rp90.000,00 hingga Rp220.000,00 per meternya tergantung model, ukuran, dan warna. Kusen aluminium dengan warna coating dan serat motif dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan warna-warna polos. kreasialumindo akan memberikan kualitas pelayanan terbaik dengan tenaga ahli dan profesional di bidangnya.

kreasialumindo memberikan layanan pemasangan kusen aluminium secara online maupun offline untuk seluruh wilayah Jabodetabek melalui website resmi dan nomor telepon. Produk yang tersedia di kreasialumindo terdiri dari kusen pintu, kusen jendela, dan kusen partisi aluminium dengan harga sangat terjangkau.

Keunggulan Kusen Alumunium

Detail Keunggulan

Keunggulan Kusen Aluminium

Ada banyak komponen yang harus diperhatikan saat pemilihan bahan atau material untuk membangun rumah maupun bangunan lainnya, tak terkecuali kusen. Kusen menjadi salah satu bagian penting yang harus ada sebagai pendukung komponen penting lain seperti pintu dan jendela. Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan bahan pilihan terbaik seperti kusen aluminium. 

Kusen biasanya dipasang di dinding sebagai bingkai untuk pintu dan jendela. Tanpa kusen maka estetika pintu dan jendela menjadi kurang dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bahan-bahan seperti kayu, logam, dan PVC bisa menjadi pilihan untuk membuat kusen. Namun, kusen berbahan aluminium bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan terbaik.

Fungsi dan Manfaat Kusen Aluminium

Pengertian kusen adalah material di dinding yang menjadi tempat untuk meletakkan pintu dan jendela layaknya rangka pada bingkai foto. Kusen memiliki fungsi sebagai penyangga pintu dan jendela dengan dinding sekaligus sebagai penghubung antara satu ruang dengan ruang lainnya. Mengingat pentingnya fungsi kusen, maka bahan yang digunakan pun harus yang terbaik.

Bahan untuk membuat kusen bisa terdiri dari berbagai jenis seperti kayu, logam, baja, PVC, dan aluminium. Masing-masing bahan memiliki manfaat serta kelebihan dan kekurangan masing-masing, tak terkecuali bahan logam alumunium. Bahan ini menjadi salah satu bahan primadona dan sangat direkomendasikan untuk pemasangan kusen baik pada pintu maupun jendela.

Logam aluminium merupakan bahan alternatif yang bisa digunakan untuk membuat kusen sebagai pengganti kayu. Bahan ini sering digunakan pada kusen di pertokoan, perkantoran, hotel, maupun rumah tinggal. Manfaat kusen aluminium akan memberikan banyak keuntungan untuk rumah atau bangunan yang menggunakan bahan ini.

  • Menjaga keawetan kusen karena bebas dari serangan serangga seperti rayap dan anti korosi
  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena tidak mudah tersulut api yang menyala
  • Memudahkan pemilik rumah untuk merawat dan membersihkannya
  • Memberikan tampilan yang lebih stylish dan modern pada rumah maupun bangunan lainnya

Mengenal Jenis Kusen Aluminium

Terdapat beberapa jenis kusen aluminium berdasarkan bentuk dan ukurannya. Kusen aluminium bisa digunakan untuk beberapa bagian di dalam rumah seperti interior kitchen set, pintu, jendela, maupun etalase. Saat memilih kusen aluminium,  biasanya dikenal istilah profil kusen aluminium yang merupakan kode-kode dari pabrikan.

Untuk lebih mudah mengenal jenis-jenis aluminium, sangat penting untuk mengetahui profil kusen aluminium yang beredar di pasaran.

1. Open Back

Jenis kusen aluminium ini sering digunakan untuk pintu dan diletakkan di tepi dinding. Kusen ini memiliki salah satu bagian sisi yang terbuka yang ditutup rata dengan tutup "M".

2. Profil “Z”

Profil “Z” memiliki bentuk seperti huruf “Z” dan tak jarang profil kusen aluminium ini juga disebut profil mobil jeep karena bentuknya mirip mobil jeep. Profil kusen aluminium “Z” sering digunakan pada kaca mati.

3. Profil “M”

Kusen aluminium profil “M” memiliki bentuk seperti huruf M dengan 2 sisi dan sangat cocok digunakan pada jendela kaca mati.

4. Tutup M

Profil kusen aluminium ini memiliki fungsi yang sama seperti tutup rata untuk menutup sisi pada profil M, profil Z, maupun openback. Profil tutup M sering digunakan pada kaca mati.

5. Tutup Z

Profil tutup Z memiliki fungsi untuk menutup sisi pada profil Z setelah kaca mati dipasangkan. Profil kusen aluminium ini juga sering dikenal dengan istilah ceklokan.

6. Tutup Rata

Profil tutup rata ini sering ditemukan dan digunakan pada kusen pintu. Fungsinya adalah untuk menutup sisi profil “Z”, profil “M”, atau open back.

7. Ukuran profil aluminium

Pada umumnya, profil aluminium memiliki 2 ukuran, yaitu ukuran 3-inchi dan 4-inchi. Meskipun ukurannya sama, tiap merek kusen aluminium biasanya memiliki sedikit perbedaan yang tidak terlalu signifikan pada dimensinya.

8. Sambungan kusen aluminium

Saat membeli kusen aluminium, maka biasanya akan terdiri dari beberapa panel yang harus disambung. SPIGOT dan Sekrup digunakan untuk menyambung profil kusen aluminium antara yang satu dengan yang lainnya.

Berbagai Ukuran Kusen Aluminium

Ukuran kusen aluminium bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pemasangan kusen ini. Anda bisa memesannya secara custom sesuai dengan budget dan kebutuhan bangunan. 

1. Kusen aluminium ukuran stkamur

Ukuran yang banyak beredar di pasaran terdiri dari 2 jenis, yaitu ukuran 3-inchi (7.6 x 3.8 cm) dan 4-inchi (10.2 x 4.4 cm). Ketebalan kusen untuk standar stkamur yang harus dipenuhi adalah sekitar 1 mm.

2. Kusen aluminium ukuran YKK

Kusen aluminium merek YKK merupakan salah satu produk terbaik yang paling banyak dicari. Kusen dengan merek ini sudah memenuhi standar stkamur yang telah ditetapkan dan terkenal memiliki permukaan yang halus. Ukurannya terdiri dari 2 jenis, yaiut 3-inchi (3.5 x 7 cm) dan 4-inchi (4 x 10 cm).

3. Kusen aluminium alexindo

Meskipun produk lokal, kusen aluminium ini tidak kalah berkualitas dengan merek terkenal seperti YKK dan paling banyak digunakan untuk bangunan kantor. Ukurannya yang tersedia terdiri dari 3-inchi dan 4-inchi dengan ketebalan 1 – 1.15 mm.

4. Kusen aluminium pintu

Standar ukuran pintu stkamur yang banyak dijual berkisar 80 x 200 cm. Namun, untuk ukuran pastinya Anda harus menyesuaikan dengan desain dan bangunan rumah yang akan dibuat.

5. Kusen aluminium jendela

Kusen aluminium jendela biasanya memiliki ukuran standar 60 x 120 cm. Namun, lagi-lagi harus tetap disesuaikan dengan konsep dan desain rumah yang dibuat.

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium

Bahan aluminium termasuk bahan yang sangat direkomendasikan untuk pembuatan kusen karena memiliki banyak kelebihan. Namun, di samping banyak kelebihan dan keunggulannya, kusen aluminium juga memiliki beberapa kekurangan.

 

Kelebihan Kusen Aluminium

Jika dibandingkan dengan kusen dengan bahan lainnya, kelebihan kusen aluminium dapat lebih menguntungkan dari banyak sisi. 

1. Awet dan tahan lama

Karakter bahan logam aluminium yang tidak mudah lapuk dan anti rayap, semut, maupun serangga lainnya ini membuat kusen aluminium bisa lebih awet dan tahan lama. Kusen aluminium juga lebih tahan lama karena tidak mudah berkarat seperti logam-logam jenis lainnya.

Logam aluminium tidak akan mudah terpengaruh perubahan cuaca dan suhu yang ekstrim. Ketahanan bahan ini cukup kuat terhadap paparan suhu sehingga kusen berbahan aluminium cenderung lebih awet dan tahan lama.

2. Lebih aman

Kusen aluminium dinilai lebih aman untuk rumah maupun bangunan lainnya karena tidak mudah terbakar dan tahan dengan api.

3. Membuat tampilan rumah lebih stylish

Anda bisa memesan kusen aluminium dalam berbagai model dan ukuran sesuai dengan konsep yang diinginkan. Mulai dari model minimalis, klasik, modern, tradisional, kontemporer, retro, hingga elegan dan mewah. Bahkan kusen aluminium kini sedang menjadi tren untuk rumah-rumah tinggal dengan konsep minimalis dan modern.

Pewarnaan pada kusen aluminium bisa memberikan nilai tambah pada tampilan kusen. Anda juga bisa memilih kusen aluminium yang memiliki powder coating motif kayu untuk memberikan kesan natural.

Rumah yang menarik dengan konsep dan desain yang sesuai dengan keinginan penghuninya tentu akan semakin nyaman untuk ditinggali. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan nilai estetika agar rumah tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Pembuatan pintu aluminium biasanya menggunakan teknologi modern sehingga bisa mewujudkan segala macam solusi desain yang diinginkan. Anda bisa custom berbagai bentuk model, ukuran, warna, dan finishing pintu aluminium yang Anda inginkan dan tren yang sedang berkembang.

4. Perawatannya mudah

Tidak cukup sulit untuk menjaga kusen aluminium agar tetap bersih dan terawat. Anda cukup membersihkan kusen pintu dan jendela secara rutin agar bersih dari debu-debu dan kotoran lainnya.

5. Proses pemasangan yang mudah

Bahannya yang ringan membuat kusen aluminium lebih mudah dipindahkan dan dipasang. Pemasangannya pun bisa dilakukan di proses akhir saat dinding sudah selesai dibuat. Sehingga peroses pemasangan kusen aluminium pun tergolong lebih cepat dan lebih mudah asal tetap memperhatikan detail dan ketelitian saat memasang.

 

Kekurangan Kusen Aluminium

Kekurangan pada kusen aluminium bisa menjadi pertimbangan untuk Anda agar lebih memperhatikan pemilihan bahan, pemasangan kusen, dan perawatan yang tepat. 

1. Proses pemasangan membutuhkan kejelian dan ketelitian

Pemasangan kusen aluminium harus menggunakan sistem fischer yang mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan pada dinding. Sekrup ini harus dipasang dengan presisi dan ditanam dengan cukup dalam karena bahan aluminium tidak setebal kayu.

Air hujan dapat dengan mudah masuk jika sambungan pada kaca maupun siku kurang pas. Sangat disarankan untuk memasang kusen aluminium bersama ahlinya karena jika terjadi kesalahan dapat berakibat fatal. Anda bisa memanfaatkan jasa pemasangan kusen aluminium yang berkualitas seperti kreasialumindo.

2. Variasi bentuknya terbatas

Tidak seperti kusen berbahan kayu yang bisa dengan mudah diukir hiasan agar lebih menarik, kusen berbahan aluminium tidak bisa diukir layaknya kayu. Untuk menambah daya tarik tampilan, pewarnaan powder coating dengan motif serat bisa menjadi solusi.

3. Rentan bocor

Pemasangan kusen aluminium yang kurang tepat dan penggunaan bahan karet yang tidak berkualitas bisa mengakibatkan kusen aluminium rentan kebocoran. Sehingga harus dipastikan sambungan pada bagian siku kusen harus presisi dan tidak ada sisa meskipun sedikit.

4. Hanya khusus untuk bangunan tertentu

Modelnya yang tidak terlalu bervariasi membuat kusen aluminium hanya cocok digunakan untuk beberapa jenis bangunan saja. Rumah minimalis, perkantoran, dan pertokoan sangat cocok untuk menggunakan kusen berbahan aluminium ini. Sedangkan untuk rumah yang mewah dan besar kurang cocok menggunakan kusen aluminium.

Tahap Pemasangan Kusen Aluminium

Agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka pemasangan kusen aluminium harus mengikuti tahapan yang benar. Perlu diingat bahwa kusen hanya bisa dipasang jika dinding sudah selesai dibuat. Tahapan pemasangan kusen aluminium pun cukup mudah dan sederhana.

 

1. Membeli dan menyiapkan bahan baku serta peralatan

Bahan baku utama yang diperlukan berupa bingkai aluminium, kusen aluminium, hardboard, engsel, sekrup fischer, baut dynabolt, dan sealant. Selain itu, diperlukan juga peralatan kerja seperti gergaji, gerinda (cutting well), meteran, waterpass, unting-unting, selang air, reevet, lem tembak, dan cutter. 

2. Lakukan pengukuran pada lubang dinding

Dinding merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan saat pemasangan kusen. Periksa dan cek kesikuan kusen aluminium dengan alat bantu waterpass dan unting-unting apakah sudah lurus atau belum. Jika masih belum lurus, ganjal dengan bahan dari hardboard agar kuat dan tahan lama.

Kusen dan bingkai aluminium siap disambung menggunakan sekrup galvanis jika kesikuan kusen sudah tepat. Ukuran kusen masih bisa disesuaikan dengan memotongnya sesuai lebar dinding. Setelah kusen aluminium dirangkai, tambahkan penanda agar mudah waktu dipasang dan lindungi dengan isolasi biru (blue sheet).

3. Haluskan bagian dalam dinding

Agar kusen bisa menempel dengan pas dan sesuai pada tempatnya, haluskan permukaan dinding terlebih dahulu hingga rapi dan lurus. Proses menghaluskan dinding ini bisa dilakukan dengan memasang plester dan menambahkan aci untuk menghaluskan permukaan rata hingga halus dan simetris. Perlu diberi kelonggaran 5 – 10 mm untuk memudahkan penanaman kusen dalam dinding.

4. Pemasangan kusen

Setelah kusen aluminium dan dinding siap, maka kusen sudah bisa dipasangkan pada dinding dengan menggunakan sekrup fischer untuk memperkuatnya. Fungsi skrup ini adalah untuk menahan dudukan kusen dalam lubang dinding. Agar lebih rapi, tambahkan penutup karet pada sekrup dan potong bagian karet yang keluar permukaan.

5. Pemasangan jendela atau pintu

Salah satu fungsi kusen adalah sebagai rangka dari pintu atau jendela aluminium, sehingga langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasang jendela dan pintu. Pemasangan pintu dan jendela adalah dengan menggunakan engsel yang ditanam pada salah satu sisi kusen. Agar lebih aman, bisa ditambahkan dengan pengait dan kunci.

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Pemasangan Kusen Aluminium

Pemasangan kusen aluminium memang berbeda dengan pemasangan kusen bahan lainnya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat memasang kusen aluminium baik itu jendela atau pintu aluminium sehingga pemasangannya bisa tepat dan sesuai. 

  • Diperlukan ketelitian tingkat tinggi karena pemasangan kusen aluminium harus memakai sistem fischer. Sistem ini mengandalkan kekuatan skrup yang ditanam pada kusen dan dinding.
  • Agar tidak terjadi kebocoran, kusen aluminium harus dipasang dengan pas dan diplester rapi.
  • Pilih bahan aluminium yang bermutu tinggi dan tidak mudah memuai saat terjadi perubahan suhu yang ekstrim karena dapat mengakibatkan bingkai aluminium terlepas.
  • Pemasangan sambungan siku kusen aluminium harus tepat agar kaca jendela atau pintu tidak measukan air hujan. Sehingga sangat penting untuk menambahkan karet atau sealent pada frame aluminium.
  • Jauhkan dari benturan keras atau benda tajam karena bahan logam aluminium memiliki karakteristik mudah tergores.

our client

Kami Siap Melayani Anda

Kami melayani jasa pembuatan Jendela Aluminium, Pintu Kusen Aluminium dan Pintu Aluminium yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Jakarta barat, timur, selatan dan utara, Depok, Tangerang dan Bekasi, dengan kualitas terjamin dengan Harga Murah.